jump to navigation

Materi Kuliah

KENDALI DAN AUDIT SISTEM INFORMASI
Dosen: Yullison Chrisnanto

Kompetensi seorang yang mahir dalam bidang informatika, dituntut untuk melakukan pengkodean dan pembangunan sebuah perangkat lunak. Orang yang berkecimpung di dunia informatika ini sering disebut sebagai insinyur perangkat lunak.

Sedangkan, kompetensi seorang Sistem Analis lebih mendalam dan dalam lingkup yang lebih luas dari seorang insinyur perangkat lunak. Seorang Sistem Analis masuk ke dalam ranah penerapan Sistem Informasi didalam sebuah organisasi. Disini dapat dilihat bahwa lingkup yang membatasi Sistem Informasi dengan Teknik Informatika berbeda, dimana Sistem Informasi berada di lingkungan yang lebih luas. Hal ini karena diperlukannya analisis yang kuat yang dapat menentukan keberhasilan sebuah organisasi dalam mewujudkan visi-misi nya yang terdokumentasi dalam renstra organisasi.

Dibawah ini merupakan materi perkuliahan yang telah diberikan oleh dosen mata kuliah tersebut. Bagi mahasiswa Universitas Subang yang belum memilikinya, bisa diunduh.

Download 1
Download 2
Download 3 (image)

————————————————————————————————————————–

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Dosen: Ipan Darmanto

Beberapa metode yang digunakan oleh manajer puncak dalam mengambil keputusan adalah melalui SIM, SPK, dan PDE. Perbedaan SIM, SPK, dan PDE:

Economic Order Quantity (EOQ), merupakan salah satu metode teknis dalam pengambilan sebuah keputusan. Berikut adalah contoh pengambilan keputusan dengan menggunakan metode teknis ini.

image1

Contoh Soal:
R = 3.200 kg/th.
S = 100 per order
P = 100/kg
I = 10 %

Jawaban:

images 2

Kesimpulan:
1. TOC ≠ TCC
2. TOC < TCC
3. TOC = TCC
4. TOC ≠ TCC
5. TOC > TCC

images 3

Konversi ke nilai mata uang ($):

images 4

.:.  Jadi, seorang manajer (top manager) dapat mengambil kesimpulan bahwa, jumlah kebutuhan barang pada periode waktu tertentu (R) dapat dipenuhi selama 4 kali angsuran pembayaran. Hal ini dilakukan agar terjadi

Materi diatas merupakan materi perkuliahan yang dibahas pada pertemuan ke-2, materi pertemuan selanjutnya dapat diunduh dibawah ini:

Download 1
Download 2
Download 3
Download 4
Download 5

——————————————————————————————————————————–

SISTEM INFORMASI PUBLIK (DAERAH)
Dosen: Ade Gunawan & Jajang,

Sistem informasi public daerah lebih difokuskan pada penyampaian informasi yang ada di pemerintahan daerah dikaitkan dengan penggunaan teknologi informasi yang berkembang pesat dewasa ini. Namun, prinsip dasar dalam penyampaian informasi tersebut perlu diketahui oleh mahasiswa. Dalam proses penyampaian informasi terjadi sebuah hubungan komunikasi yang dapat mempengaruhi pembentukan opini public. Opini publik yang telah terbentuk dapat mempengaruhi sistem suatu pemerintah daerah. Untuk itu, perlu kehati-hatian suatu individu atau kelompok tertentu dalam menyampaikan informasi, jangan sampai informasi yang prematur sudah dipublikasikan sehingga membentuk opini public negatif bagi pihak tertentu.

Dewasa ini, peranan teknologi informasi sangat berperan dalam membentuk opini public. Beberapa kejadian yang terjadi di dalam negeri berkaitan dengan penyampaian informasi sehingga menimbulkan opini public yang negatif. Fenomena facebook telah mengubah paradigma masyarakat tertentu untuk ikut serta menghakimi dan membuat opininya sendiri dalam menyikapi suatu perkara tertentu.

Untuk itu, dibelakukanlah berbagai undang – undang untuk mengatur kebebasan masyarakat tersebut dalam menggunakan dan menyikapi berbagai perkara yang ada di lingkungannya. Namun, peranan undang – undang tersebut dewasa ini terlihat “abu-abu”, sehingga tidak mempengaruhi berbagai perilaku masyarakat tersebut.

Di atas merupakan beberapa materi yang dibahas dalam mata kuliah Sistem Informasi Publik (Daerah), bagi mahasiswa yang belum memiliki materi perkuliahan yang diberikan dosen, dapat di download dibawah ini.

Download

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: