jump to navigation

Memilih HD TV Mei 11, 2009

Posted by geenz in Edutainment Zone.
Tags: , , , , ,
trackback

HDTV

HDTV atau High Definition TV merupakan next generation dari model TV – TV sebelumnya. Kelebihan yang ditonjolkan pada HDTV ini yaitu kualitas gambar yang serasa nyata. Dewasa ini, banyak bermunculan HDTV dengan berbagai feature tambahan yang dapat memanjakan sang empunya. Namun, bagi Anda yang memang mengedepankan kualitas, perlu diketahui beberapa hal dibawah ini, yaitu:

  1. Apakah Anda akan mendapatkan kualitas gambar tertinggi dari HDTV yang Anda beli?
  2. Apakah DVD Player Anda dapat tersambung dengan HDTV baru Anda?

Untuk itu, kenali terlebih dahulu HDTV yang akan Anda beli. Berikut merupakan 10 tips membeli HDTV yang saya peroleh dari majalah GameStation volume 137 terbitan Bulan Maret 2007.

  • HDTV yang “ASLI”?

Dengan resolusi minimum 1280 x 720 pixel, artinya TV ini memang benar – benar HDTV. Sedangkan EDTV (Enhanced Definition TV), menawarkan resolusi yang lebih kecil. Pastikan Anda membeli HDTV yang “asli”. Dan pastikan benar bahwa TV pilihan Anda memiliki minimal satu port koneksi HDMI yang mendukung 1080p dan mendukung HDCP, koneksi dan protokol yang akan menjamin Anda dapat menyambung Blu-Ray or HD-DVD DVD Player, ataupun menerima dan menampilkan siaran yang dilindungi oleh hak cipta.

  • Lebih Kecil Lebih Bagus.

HDTV tipe Plasma TV menawarkan warna hitam yang sangat nyata jika itu diperbandingkan dalam kontras LCD TV yang lebih terang, dan lebih mahal dalam ukuran per inchi. Pikirkan untuk membeli proyektor HDTV bila Anda ingin mengisi seluruh tembok ruangan untuk gambar TV. Proyektor konvensional sangat besar, tetapi murah. Dan untuk mengatur viewing angle dan brightness agak susah. Para ahli mengatakan bahwa HDTV tipe tabung menawarkan gambar yang terbaik. Tetapi, selain tipe ini merupakan tipe yang hampir punah, Anda akan butuh banyak orang untuk mengangkat satu buah TV ini ke dalam rumah.

  • Dapat Memutar Film Favorit Anda.

Jika Anda sudah mempunyai pilihan HDTV, putar DVD favorit Anda. Jika memungkinkan, DVD yang kalian putar mengandung gambar yakng kaya akan warna, dan penuh petualangan dengan gambar yang bergerak secara cepat, seperti Pirates of The Caribbean adalah contoh yang sempurna. Perhatikan secara seksama TV pilihan Anda jika menampilkan aksi film yang sangat cepat, apakah gambar pecah atau tidak. Dan jangan terkecut jika siaran – siaran televise yang tidak disiarkan dalam forma HD akan terlihat jelek, kerna kualitas rendah dari penyiaran yang tidak dalam format HD akan terpengaruh dan kualitas gambarnya akan otomatis diturunkan oleh HDTV Anda yang baru.

  • Seberapa Tinggikah Resolusi Tertinggi HDTV Anda?

Beberapa layanan TV kabel menawarkan siaran HD pada resolusi 720p, yang merupakan kualitas yang sangat bagus, sedangkan ada beberapa yang menawarkan 1080i, yang bahkan lebih tinggi. Hampoir semua HDTV menawarkan beberapa pilihan atau mungkin bahkan semua resolusi tersedia, yaitu: 480p, 720p, 1080i. beberapa HDTV terbaru mulai meningkatkan penawaran pada level 1080p, tetapi harganya lebih mahal. Paling tidak 720p dan 1080i sudah sangat bagus untuk Anda.

  • Antena Luar atau “Dalam”?

Untuk mendapatkan siaran channel lokal HD gratis dengan memakai antena, pastikan HDTV pilihan Anda memiliki tuner built-in. untuk kalian yang memakai sateli, tingkgalkan saja tuner built-in ini dan akan menghemat keuangan Anda.

  • Konektivitas.

Walaupun hampir semua HDTV memiliki komponen video input untuk menyambungkan HDTV Anda dengan layanan TV kabel. Satelit tuner dan DVD Player, tetapi periksa sekali lagi. Lebih dari dua video input akan memudahkan Anda, tidak perlu menukar-nukar alat mana yang akan kalian pergunakan, sebagai contoh, untuk memakai PS 3 atau DVD Player.

  • Penyambungan.

Sambungkan alat – alat gadget Anda semuanya menggunakan koneksi yang akan memberikan resolusi tertinggi. DVI/HDMI merupakan koneksi tertinggi, diikuti dengan S-Video lalu plain Video-in. Layanan kabel HDTV memerlukan paling tidak komponen untuk menyambungkan, sedangkan Blu-Ray, ini termasuk PS3, dan HD-DVD player akan tersambung melalui HDMI port untuk resolusi tertinggi yang dapat ditawarkan.

  • Layar Lebar atau Tidak.

Anda dapat memilih untuk menampilkan baris gambar hitam di atas dan bawah layar kalian dari program yang memang tidak widescreen, jadi gambar yang terlihat akan tambak benar, atau kalian dapat memberpesar gambar agar baris gambar hitam tersebut menghilang. Tetapi, dengan melakukan ini, maka akan menekan dan membuat objek dan orang – orang di dalam layar tampak lebih lebar. Lakukan eksperimen dengna remote Anda untuk mendapatkan solusinya.

  • Lakukan Pengaturan dan Penyesuaian.

HDTV selalu dikirim dengna setelan pabrik yang sangat tinggi agar dapat menarik para pembeli di show room.  Di rumah, rendahkan setelan dari pabrik ini beberapa level. Tampilkan program dengan adegan yang menampilkan gambar yang terang dan gelap atau dengan menggunakan bantuan DVD, Anda akan menemukan keseimbagnan gambar yang sempurna.

  • Suara yang Sempurna.

Setelah Anda memanjakan mata dengan kualitas gambar yang tinggi, jangan lupakan dengan suara. HDTV menawarkan suara seperti kalian menonton di bioskop terdekat, jika memang memiliki pirantinya. Biasanya home theater yang ada di pasaran dewasa ini, hampir semuanya memiliki DVD Player built-in. atau pikirkan sebuah receiver dan speaker system yang terpisah bila Anda berencana untuk membeli Blu-Ray atau HD-DVD Player. Dan pastikan Anda menggunakan output suara “optical” atau “digital audio” dari satellite tunerm, video game ketika kalian menyambungkannya pada receiver, sehingga kualitas suaran yang diterima bisa lebih maksimal.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: