jump to navigation

Komponen Aplikasi Client/Server—Client November 6, 2008

Posted by geenz in Komputasi Client/Server Zone.
Tags: ,
trackback

Komponen Aplikasi Client/Server

-Client-

Client/Server

Pada pemodelan jaringan, baik LAN maupun WAN, dikenal adanya pemodelan client/server. Client merupakan komputer yang digunakan oleh setiap user, sedangkan Server merupakan komputer yang bertugas untuk mengirimkan request dari client dan digunakan secara bersamaan secara simultan oleh beberapa user.

Apple Macintosh SE, IBM Model PS / 2 30, ALR 386/220, SystemPro Compaq, NCD X-Terminal, Sun Sparcstation, DECstation 5000 – semuanya dapat digunakan sebagai client.  Tidak ada karakteristik teknologi yang spesifik untuk client.

Selama 10 tahun terakhir, kinerja workstation meningkatkan pesat. Sama halnya pada biaya dan kinerja workstation CPU yang meningkat sebanyak 50 kali, begitu juga dengan memori utama mengalami peningkatan sebesar 25 kali, dan media penyimpanan tetap juga meningkat sampai 30 kali.

Kecepatan komunikasi dan jaringan telah mengalami peningkatan juga dalam 10 tahun terakhir. Pada 1984, kinerja dan kehandalan dari file remote, database, dan pencetakan tidak mendukung aplikasi bisnis. Dengan kecepatan tinggi dari jaringan lokal dan wide (LAN dan WAN), protokol jaringan, digital switch, dan kabel serat optik, baik kinerja dan kehandalannya ditingkatkan secara substansial.  Sekarang layanan remote tersebut dapat diterapkan sebagai bagian dari aplikasi bisnis yang vital.

Workstation client dapat menggunakan DOS, Windows, Windows NT, OS / 2, MacOS (juga disebut sebagai Sistem 7), atau sistem operasi UNIX.  Workstation Client menyediakan fungsi produktivitas pribadi, seperti pengolahan kata, yang hanya menggunakan hardware dan software yang terdapat pada workstation. Ketika workstation client terhubung ke LAN, kita memiliki akses ke berbagai layanan yang disediakan oleh sistem operasi jaringan (Network Operating System/NOS) selain dari yang disediakan oleh workstation client itu sendiri.

Workstation memungkinkan menjalankan software dan menyimpan dokumen yang sedang diproses dari server, oleh karena itu file server menggunakan fungsi yang disediakan NOS. Workstation juga dapat mencetak ke printer yang jauh (remote) melalui NOS. Workstation client dapat digunakan sebagai terminal untuk mengakses aplikasi yang terdapat di minicomputer host atau mainframe prosesor.  Hal ini memungkinkan workstation tunggal untuk menggantikan terminal, serta menyediakan fungsi dari workstation client.

Ringkasan diatas merupakan hasil terjemahan dari buku Client/Server Computing Second Edition karya Patrick N. Smith, seorang Senior Vice President dan Chief Technology Officer dari SHL Systemhouse, Inc. Pembahasan lebih lengkap tentang Komponen Aplikasi Client/Server-Client, dapat kalian download dibawah ini.

Download Here

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: